4 Tanda Mengetahui Akan melahirkan Secara Normal yang Penting Diketahui

tanda akan melahirkan normal

Saat mendekati proses melahirkan bagi seorang ibu merupakan saatnya yang paling dinantikan karena akan datangnya sang buah hati, akan tetapi saat ini sekaligus juga saat yang paling mendebarkan karena jika tidak bisa melaluinya dengan baik tidak hanya kesehatan ibu yang terancam tetapi juga bayi yang akan dilahirkan nanti. Apalagi bagi ibu hamil yang mendambakan bisa melahirkan secara normal tentunya harus pula mengetahui apa saja yang menjadi tanda akan melahirkan normal.

Dengan pengetahuan yang baik akan apa saja berbagai tanda yang bisa terjadi saat melahirkan normal maka hal tersebut secara tidak langsung bisa menjadi pencegah dari berbagai resiko yang mungkin saja bisa terjadi saat melahirkan nanti. Lalu untuk tanda akan melahirkan normal berikut ini minimalnya ada 4 tanda yang penting untuk ibu hamil ketahui.

  1. Rasa nyeri atau kram pada bagian perut. Kram yang terjadi pada perut ibu yang sedang hamil biasa terjadi biasanya karena dorongan atau gerakan bayi ke rahim. Saat mendekati proses melahirkan kram yang terjadi akan menjadi sering terjadi pula.
  2. Mengalami kontraksi. Kontraksi pada bagian tubuh ibu hamil harus dibedakan dari kontraksi yang nyata dan juga kontraksi palsu. Untuk membedakannya kontraksi yang nyata terjadi dalam frekuensi yang lebih sering dibandingkan dengan kontraksi yang palsu. Jika kontraksi menjadi lebih sering terjadi dalam hitungan menit maka untuk proses melahirkan biasanya akan semakin dekat.
  3. Keluarnya bercak darah atau lendir. Keluarnya bercak darah atau lendir pada bagian intim ibu hamil bisa juga menjadi pertanda akan proses melahirkan secara normal yang semakin dekat. Jika hal ini terjadi persiapan menuju proses melahirkan sebaiknya dipersiapkan sebaik mungkin.
  4. Penurunan posisi bayi. Posisi bayi yang turun dari kepala yang turun di atas mulut rahim maka hal tersebut menjadi tanda bayi sudah siap untuk keluar mengalami proses melahirkan.
  5. Pecahnya ketuban. Pecahnya ketuban juga menjadi tanda yang sering dialami oleh ibu yang proses melahirkannya sudah sangat dekat. Jika air ketuban sudah pecah sebaiknya segera membawa ibu hamil ke bidan atau dokter kandungan menjadi hal utama yang harus dilakukan.  
Categories: Kesehatan