Cara Melakukan Teknik Focus dan Recompose

teknik fotografi

Tehnik konsentrasi serta recompose yaitu satu diantara trick yang menolong fotografer untuk membuat komposisi yang enak dengan cara cepat tetapi tetap masih dapat mengatur titik konsentrasi serta memperoleh ruangan tajam yang cocok. tehnik focus serta recompose ini umumnya digunakan waktu fokus perhatian photo menginginkan kita letakkan di ujung frame, tak tahu di sudut kanan, kiri atas atau bawah.

Trick fotografi tehnik focus recompose

Contoh photo seperti diatas yaitu waktu yang cocok memakai tehnik konsentrasi serta recompose.
Arti recompose?

Dalam term fotografi, recompose yaitu membenahi lagi komposisi photo. Oke, belfot kasih contoh :

Mari kita membuat jenis fantasi keren bernama Budi. Waktu memphoto Budi, anda meletakkan muka si Budi di berencana frame supaya gampang mengunci konsentrasi. Tetapi bila muka si Budi yang ada di berencana frame bikin photo menjemukan, kita lantas menginginkan meletakkan muka Budi di sudut kiri atas. Ingat ketentuan rule of thirds?

Berikut yang dimaksud recompose. Sebagai analogi : anda membenahi kamar ala kandungannya lantas mengerti nyatanya tak memuaskan, lantas mengambil keputusan membenahi lagi kamar itu agar lebih enak.
Buat apa recompose?

Mengapa mesti lakukan recompose semua? mengapa tak kita mulai sejak awal? Tidakkah kita dapat menempatkan muka Budi mulai sejak awal di sudut sesuai sama apa yang diinginkan?

Well, jawabnya sih dapat. Tetapi dengan cara praktik di lapangan, letak titik konsentrasi kamera tak semudah serta secepat itu dipindah-pindahkan. Lagipula, cobalah amati contoh titik konsentrasi kamera seperti tampak di viewfinder kamera DSLR Nikon D5000 serta Canon 70D di bawah ini :

Viewfinder titik konsentrasi dslr

Kita “dipaksa” ikuti bagian konsentrasi yang cukup sempit serta tak meliputi pojokan frame seperti hasrat kita. Kita “diarahkan” oleh produsen kamera untuk meletakkan muka Budi di ruang yang cukup sempit dalam frame viewfinder.

Bakal ada jeda saat waktu kita mesti memindahkan titik konsentrasi atau ganti model konsentrasi waktu mesti memphoto dengan cepat atau kehilangan peristiwa bagus waktu Budi tengah nyengir lucu. Lagi juga, di kamera mana juga, titik berencana yaitu titik konsentrasi paling akurat serta cepat mengunci konsentrasi.

Waktu ada di kondisi di mana keadaan cahanya tak mencukupi, supaya cepat memperoleh titik konsentrasi kita kerapkali mesti pilih titik konsentrasi berencana yang paling peka sinar.

Jadi dalam banyak kondisi, tehnik konsentrasi lantas recompose yaitu pilihan paling cepat serta seringkali dihandalkan. Waktu dikerjakan dengan benar, tehnik ini dapat menolong kita memphoto peristiwa dengan lebih cepat serta tetaplah memperoleh konsentrasi yang tajam.
Langkah Lakukan Tehnik Konsentrasi serta Recompose

Ada cara-cara untuk lakukan tehnik konsentrasi dna recompose ini. Tersebut salah satunya :
a. Dengan Model One Shot AF-S atau Single Servo AF-S

Langkah paling gampang serta cepat yaitu dengan pilih model konsentrasi Single Servo atau One Shot atau bergantung type kamera anda, pokoknya pastikan model di mana kamera bakal mengunci konsentrasi cuma waktu kita memencet separuh tombol shutter.

Simpan titik konsentrasi di tengah-tengah, tujukan kamera ke subyek photo, kunci lah konsentrasi dengan memencet separuh tombol shutter serta yakinkan titik konsentrasi telah berkedip/atau keluarkan nada bip.. bip sinyal konsentrasi telah oke, lantas tujukan kerjakan komposisi lagi sesuai sama selera baru lalu pencet-lah tombol shutter sepenuh hati ke bawah.

Langkah tersebut pas digunakan waktu jenis yang anda photo tak anteng serta sedikit gerak.
b. Dengan memakai Autofocus Lock

Langkah ke-2 yaitu dengan memanfatkan tombol autofocus lock yang ada di semuanya kamera DSLR ataupun mirrorless. Di Nikon ditandai AF-L/AE-L, di Canon ditandai tandai asterisk () :
Tombol af l ae l nikon canon dslr

Tombol ini didesain untuk mengunci konsentrasi sekalian mengunci metering sinar pada subyek photo. Langkah memakainya yaitu : kuncilah konsentrasi dengan memencet tombol shutter. Sesudah konsentrasi terkunci, tanpa ada melepas 1/2 shutter, tekanlah tombol AE-L atau tombol sinyal asterik tadi lantas kerjakan recompose photo. Ukuran exposure and akan tidak beralih serta konsentrasi bakal tetaplah ada di subyek photo awal.

Categories: Fotografi