Cara Sederhana Membuat Foto Human Interest

Cara Sederhana Membuat Foto Human Interest – Foto human interest adalah foto yang diambil untuk merekam emosi, perasaan atau aktifitas seseorang yang dapat memancing simpati dari orang yang melihat hasil foto tersebut. Dari foto human interest, maka penikmat foto seolah-olah dapat membaca cerita dan merasakan energi yang keluar dari object yang difoto.

rk6f4j

Awalnya, foto human interest atau sering disebut HI ini lebih erat dengan dunia jurnalistik. Namun seiring dengan perkembangan, fotografi human interest semakin erat dengan para pelaku atau hobi fotografi. Dan kini, fotografi HI sudah banyak dipadukan dengan kategori travel photography, street photography, culture photography dan lainnya.

Untuk dapat menghasilkan foto human interest yang memiliki emosi, tentu dibutuhkan kemampuan dan latihan yang cukup. Baik itu latihan dari segi teknik pengambilan foto, hingga latihan untuk mempelajari emosi dan energi object yang difoto. Sebagai tambahan, berikut ini beberapa tips fotografi human interest yang mungkin dapat membantu untuk menghasilkan foto HI yang lebih baik.

Tips Fotografi Human Interest

Lakukan Persiapan Matang jika memang diniatkan untuk melakukan hunting foto human interest di suatu lokasi tertentu, maka lakukan persiapan dengan matang. Misalnya adalah persiapkan gear kamera anda dengan baik, baterai terisi penuh, memory card sudah dikosongkan, lensa-lensa yang akan dipakai dan lainnya. Untuk persiapan logistik juga tidak ada salahnya dilakukan. Bisa saja saat anda duduk santai menunggu moment, tiba-tiba perut keroncongan sehingga tidak bisa memencet shutter sambil berfikir jernih tentang object yang akan anda rekam.

Selain itu, lakukan persiapan matang dengan mempelajari lokasi tempat anda akan melakukan hunting foto. Apakah anda harus menggunakan jaket atau cukup baju kaos, apakah cukup dengan sendal jepit atau ternyata memerlukan sepatu boots dan sebagainya. Cara ini dibutuhkan untuk membuat acara hunting anda tidak terganggu dengan hal-hal yang kurang dipersiapkan.

Pelajari Karakter Object Dengan Baik
Memotret human interst tak sekedar mengambil foto manusia. Kita harus membuat foto yang kita hasilkan nantinya mampu menceritakan tentang apa yang sedang object lakukan atau rasakan. Jadi sebelum menekan shutter, kita sudah memiliki bayangan tentang apa yang akan diceritakan oleh foto itu nantinya. Perhatikan moment dengan baik untuk dapat menggambarkan object dengan lebih akurat. Untuk itu tidak ada salahnya menggunakan fitur burst, atau memotret berturut-turut. Hal ini dibutuhkan karena moment object dapat berubah drastis dalam hitungan detik.

Lakukan Pendekatan Sesuai Kebutuhan
Untuk memotret human interest, dapat dilakukan dengan dua cara pendekatan. Yang pertama adalah dengan pendekatan langsung. Cara ini cocok jika anda ingin mengenali object lebih dekat, mengetahui aktifitasnya atau cerita-cerita dibalik aktifitas dan profil dirinya. Setelah itu, anda dapat meminta izin untuk mengambil foto si object yang sedang melakukan aktifitasnya.

Cara kedua adalah dengan pendekatan candid. Foto candid sudah sering dilakukan dan tidak perlu trik khusus. Yang penting saat anda menunggu moment yang tepat, jangan melakukan gerakan atau aktifitas yang menarik perhatian dan mengganggu kenyamanan lingkungan dalam beraktifitas normal. Cara ini akan membuat anda dapat mengambil foto di lingkungan yang lebih alami meski butuh kecepatan dalam menangkap moment dan megeksekusinya.

Selain tips fotografi diatas, sudah tentu kita terlebih dahulu harus memahami beberapa teori dasar fotografi seperti shutter speed, aperture, ISO dan yang terpenting adalah komposisi. Komposisi foto yang kuat akan menghasilkan foto human interest yang lebih kuat pula.

Categories: Fotografi