Ekonom Danamon : Perkembangan Ekonomi 2017 Diprediksikan 5, 04 Persen

ekonom-danamonPerkembangan ekonomi 2017 diprediksikan bakal sama juga dengan perkembangan ekonomi th. ini. Kepala ekonom Danamon Anton Hendranata memprediksi, perkembangan ekonomi 2017 di level 5, 04 %.

“Saya prediksikan perkembangan ekonomi Indonesia mungkin saja nyaris sama juga dengan 2016, ” kata Anton di Jakarta, Rabu (30/11/2016).

Anton menerangkan, memanglah terdapat banyak katalisator perkembangan ekonomi th. depan. Tetapi masihlah ada resiko pemulihan ekonomi global serta konsolidasi fiskal pada 2017.

Katalisator perkembangan ekonomi yang disebut mencakup pencapaian program amnesti pajak. Menurut Anton, walau pada periode pertama pencapaiannya cetak histori, tetapi sampai periode akhir akhirnya bakal moderat.

Aspek pendorong lain yakni, proyek-proyek infrastruktur yang telah mulai tunjukkan efeknya di th. depan. Transmisi moneter di th. depan akan lebih baik di semester ke-2.

“Kemudian ada berbelanja Pilkada. Ada 101 Pilkada, ” ucap Anton. Sebagian aspek pendorong itu dipercaya masihlah memperoleh tantangan dari resiko global, seperti divergensi perkembangan ekonomi global serta suku bunga.

“AS condong naik sendirian, sesaat yang lain melambat atau stagnan. Suku bunga AS juga naik, sedang negara-negara lain menjaga suku bunga atau jadi menurunkan, ” ucap Anton.

Dari segi domestik, Anton memprediksi masihlah bakal berlangsung konsolidasi fiskal, sesudah Menteri Keuangan Sri Mulyani merombak APBN th. ini jadi lebih kredibel.

Ada potensi pemotongan biaya lagi di th. depan. Diluar itu, pada 2017 pemerintah merencanakan mengerek beberapa harga yang ditata pemerintah (administered price) seperti listrik serta gas tiga kg.

“Terakhir non-performing loan perbankan masihlah bakal memberi warna, walau lebih baik di semester ke-2, ” tambah Anton.

Menurut Anton, inflasi di th. depan bakal sedikit alami kenaikan jadi 4, 19 %, dibanding perkiraan th. ini yang sebesar 3, 2 %.

Penyebabnya intinya yaitu kenaikan administered price. Disamping itu, 7 days repo rate diprediksikan bakal dipertahankan di level 4, 75 %.

Tetapi jika desakan pada rupiah semakin besar, Anton memprediksi Bank Indonesia bakal menambah sebesar 25 basis poin. Mengenai kurs rupiah diprediksikan di kisaran 13. 217-13. 504 per dollar AS, serta penyaluran credit tumbuh 9, 33 %. Semoga penurunan daya beli masyarakat tidak begitu mempengaruhi permintaan akan layanan jasa sedot wc jakarta utara.

Categories: Business