Harga Mobil Toyota Bali Lebih Tinggi Dari Jakarta

harga-mobil-toyota-bali

Meskipun hanya sepelemparan batu dari ujung timur pulau Jawa namun harga mobil Toyota Bali tetap saja lebih tinggi dibanding pulau berpenduduk terbanyak di Indonesia tersebut. Namun hal ini tidak terlalu berpengaruh pada penjualan produk kendaraan roda empat keluaran PT. Toyota Astra Motor, kebutuhan yang cukup besar akan moda transportasi membuat Bali menjadi salah satu lumbung pemasaran mobil Toyota di nusantara.

Seperti diketahui, Bali sebagai destinasi wisata unggulan di negeri ini memiliki ritme kehidupan yang sangat dinamis baik dari penduduk asli, para pendatang yang menetap di sana maupun wisatawan atau turis lokal maupun mancanegara. Toyota sebagai brand otomotif termashyur di negeri ini tentunya sangat diminati oleh konsumen di propinsi yang sangat kental dengan budayanya ini.

Mungkin pembaca bisa menebak faktor paling utama yang menyebabkan selisih atau perbedaan harga mobil Fortuner, Corolla, Yaris atau produk keluaran TAM lainnya di propinsi ini dengan kawasan lain dalam hal ini Jakarta tidak lain adalah biaya distribusi dari pulau Jawa yang harus menyeberangi laut kecil diantara kedua pulau. Walaupun hanya terpisahkan oleh selat Bali, namun karena letaknya yang berada di seberang timur pulau Jawa tentunya membutuhkan biaya pengiriman yang tidak sedikit dari fasilitas produksi Toyota yang terletak di Karawang yang notebene terletak di bagian barat pulau Jawa.

Perjalanan melintasi Jawa dari ujung barat menuju ujung timur kemudian menyeberangi selat Bali yang umumnya menggunakan jasa ekspedisi berskala besar membuat TAM sebagai pihak distributor harus mengeluarkan biaya ekstra untuk menyalurkan produk unggulan seperti Calya, Sienta, Kijang Innova, Agya ataupun Avanza menuju dealer Toyota Bali yang menjadi ujung tombak penjualan unit kendaraan mereka.

Untuk mendistribusikan mobil Toyota dari Jakarta atau Karawang menuju Bali, pihak distributor harus menempuh perjalanan panjang melalui jalur darat menuju Banyuwangi atau tepatnya pelabuhan Ketapang yang menjadi pintu gerbang laut Jawa – Bali, dari sini kendaraan angkat diangkut menggunakan kapal menuju pelabuhan Gilimanuk.

Proses yang cukup panjang tersebut selalu dikawal dan diawasi oleh pihak TAM demi memastikan keamanan produk mereka sepanjang perjalanan hingga sampai did ealer resmi Toyota Bali tanpa ada kekurangan sedikitpun. Ini agar memastikan para konsumen mendapatkan kualitas yang sempurna dari mobil impiannya, bagi Toyota sendiri kualitas kontrol sangat penting guna mempertahankan brand image mereka dan lebih penting lagi adalah kepercayaan serta kepuasan konsumen yang memamng menjadi prioritas utama manufaktur nomor satu di Indonesia tersebut.

Perbedaan harga mobil Toyota Bali dengan wilayah lainnya juga dikarenakan faktor pajak yang diterapkan oleh pemerintah di wilayah tersebut. Sebagaimana di kawasan lainnya, dalam sistem otonomi daerah yang diberlakukan di seluruh penjuru negeri, pajak kendaraan bermotor kini menjadi Pendapatan Asli Daerah yang besarannya ditentukan oleh masing – masing kepala daerah yang bersangkutan tentunya bersama dengan wakil rakyat setempat yang memiliki fungsi regulasi.

Ada beberapa jenis pajak yang harus dibayarkan oleh setiap pemilik kendaraan antara lain Pajak Kendaraan Bermotor (PKB) dan Bea Balik Nama Kendaraan Bermotor (BBNKB) , selain itu ada istilah pajak progresif yaitu persentase penarikan pajak sebagai bagian dari PKB yang ditentukan atas dasar kuantitas (jumlah) kepemilikan wajib pajak atas kendaraan dengan dihitung dengan nilai jual obyek pajak yakni mobil ayau motor.

Melalui ulasan ini kami ingin memberikan informasi terbaru mengenai pengenaan pajak progresif untuk mobil di Bali, melalui Peraturan Daerah (Perda) Bali no 1 tahun 2016, kini pengenaan pajak progresif kendaraan bermotor didasarkan atas data Kartu Tanda Penduduk, Perda ini merevisi Perda sebelumnya dimana pengenaan di dasarai atas Kartu Keluarga atau KK.

Tentu saja hal ini disambut gembira oleh para konsumen, sebelumnya pengenaan pajak progresif berlaku untuk satu keluarga, sebagai ilustrasi bila seorang suami membeli mobil maka itu dihitung sebagai mobil pertama, kemudian apabila sang istri ingin mempunyai mobil atas namanya maka kendaraan tersebut akan dikenai pajak sebagai mobil kedua yang tentu saja lebih tinggi.

Dengan penerapan aturan baru ini maka bila satu keluarga ingin memiliki kendaraan maka mereka hanya membayar pajak berdasarkan data diri pribadi mereka, hal ini tentu saja berpengaruh pada harga mobil Toyota khususnya konsumen keluarga yang ingin membeli mobil untuk aktifitas ayah, ibu maupun akan – anaknya.

Categories: Otomotif