Honda Tampilkan Mobil Ramah Lingkungan Berbahan Bakar Hidrogen Di GIIAS 2016

honda-jazz

 

Untuk pertama kalinya di lokasi Asia & Oceania, Honda menghadirkan Honda Clarity Fuel Cell sebagai satu diantara display paling utama di booth Honda pada arena Gaikindo Indonesia International Auto Show (GIIAS) 2016, di Tangerang, 11-21 Agustus 2016. Honda Clarity Fuel Cell adalah jenis berbasiskan sedan 5 penumpang pertama didunia memiliki bahan bakar hidrogen fuel cell yang begitu ramah lingkungan.

Honda Jazz Bandung sudah memusatkan perhatian pada hidrogen sebagai jalan keluar untuk beragam gosip seperti pemanasan global serta menipisnya bahan bakar fosil, dengan meningkatkan Fuel Cell Vehicle (FCV) yang cuma membuahkan uap air tanpa ada membuahkan CO2 sekalipun sebagai kendaraan ramah lingkungan. Honda juga sudah lakukan pendekatan pro aktif untuk mempelajari serta meningkatkan FCV mulai sejak 1980-an. Honda Clarity Fuel Cell pertama kalinya dikenalkan pada arena pameran Tokyo Motor Show 2015 di Jepang.

Tidak cuma ramah lingkungan, Honda Clarity Fuel Cell juga membawa beragam terobosan mutakhir dalam design serta tehnologi. Jenis ini mengusung rancangan “Under-the-hood Powertrain” untuk pertama kalinya didunia, di mana sel pembangkit listrik (Fuel Cell Stack) yang memiliki ukuran ringkas diletakkan dibawah kap mesin dibagian depan, hingga sangat mungkin bentuk sedan 5 penumpang dengan kabin terlapang di kelasnya.

Powertrain pada Honda Clarity Fuel Cell di buat lebih ringkas sejumlah 33% dibanding jenis terlebih dulu. Powertrain Fuel Cell ini di buat sekompak mungkin saja seperti mesin berkonfigurasi V6, oleh karenanya powertrain ini sangat mungkin untuk dipakai pada kendaraan type sedan seperti ini.

Dengan tenaga hidrogen sebesar 70 Mpa sangat mungkin kendaraan ini bisa meniti jarak tempuh sejauh lebih kurang 750 km, hal semacam ini alami penambahan 30% dibanding jenis FCV terlebih dulu. Tenaga yang dihasilkan oleh powertrain pada Honda Clarity Fuel Cell yaitu 130kW (140 PS), hingga tenaga yg dihasilkan responsif sekalian memberi kenyamanan berkendara. Tidak cuma itu, saat pengisian juga di buat lebih singkat, yakni cuma 3 menit untuk meniti jarak maksimalnya.

Eksterior Honda Clarity Fuel Cell diperkembang dengan rencana “Bold and Aero” yang tampak dari penampilan bodi yang luas serta rendah dan lekukan halus yang bikin penampilannya jadi makin menawan. Honda Clarity Fuel Cell menghadirkan Full LED Headlight yang tajam serta dilengkapi dengan 18” Alumunium Wheels dengan design yang stylish serta aerodinamis.

Honda Clarity Fuel Cell mengusung rencana interior “Advanced Moderen Lounge” yang dilengkapi dengan beragam feature serta interface yang mutakhir. Kabin Honda Clarity Fuel Cell didesain dengan memprioritaskan kelapangan kabin, feature paling depan di kelasnya, dan material yang berkwalitas yang bisa bikin pengalaman berkendara yang nyaman serta mengasyikkan.

Noriaki Abe, Chief Operating Officer Regional Operation (Asia & Oceania) Honda Motor Co., Ltd., menyampaikan dalam pidato pembukaan booth Honda di GIIAS 2016, “Honda Clarity Fuel Cell adalah satu diantara usaha yang dikerjakan Honda untuk pelestarian lingkungan, terutama dalam menghimpit emisi CO2. Mobil ini adalah perwujudan prinsip Honda untuk mendatangkan tehnologi mutakhir untuk hari esok yang tambah baik serta berkepanjangan. ”

Tomoki Uchida, President Director PT Honda Prospect Motor, menyampaikan, “Kehadiran Honda Clarity Fuel Cell searah dengan topik “Advanced New World” yang diusung Honda di arena GIIAS th. ini. Melalui beragam tehnologi ramah lingkungan yang lain seperti mesin hybrid, turbo, sampai hidrogen, Honda menginginkan mengenalkan tehnologi mobilitas yang lebih cerdas untuk hari esok yang tambah baik. ”

Categories: Otomotif