Komputer Dari Tahun Ke tahun

teknologi

Komputer itu lahir bukan untuk hiburan atau email tapi karena perlu memecahkan krisis angka-angka yang serius. Pada tahun 1880, populasi A.S. telah tumbuh begitu besar hingga dibutuhkan lebih dari tujuh tahun untuk menabulasikan hasil Sensus A.S. Pemerintah mencari cara yang lebih cepat untuk menyelesaikan pekerjaan, sehingga menimbulkan komputer berbasis punch-card yang menguasai seluruh ruangan.

Saat ini, kami memiliki lebih banyak daya komputasi pada ponsel cerdas kami daripada yang tersedia pada model awal ini. Sejarah singkat komputasi berikut adalah garis waktu bagaimana komputer berevolusi dari awal yang sederhana sampai mesin hari ini yang menjelajah Internet, bermain game dan streaming multimedia di samping angka-angkanya.

1801: Di Prancis, Joseph Marie Jacquard menciptakan alat tenun yang menggunakan kartu kayu bertinju untuk menenun desain kain secara otomatis. Komputer awal akan menggunakan kartu punch yang serupa.

1822: Ahli matematika Inggris Charles Babbage memahami mesin penghitung uap yang dapat menghitung jumlah angka. Proyek yang didanai oleh pemerintah Inggris ini adalah sebuah kegagalan. Lebih dari satu abad kemudian, komputer pertama di dunia sebenarnya dibangun.

1890: Herman Hollerith merancang sistem kartu punch untuk menghitung sensus 1880, menyelesaikan tugas hanya dalam waktu tiga tahun dan menghemat pemerintah $ 5 juta. Dia mendirikan sebuah perusahaan yang pada akhirnya akan menjadi IBM.

1936: Alan Turing menyajikan gagasan tentang mesin universal, yang kemudian disebut mesin Turing, yang mampu menghitung apapun yang dapat dihitung. Konsep sentral komputer modern didasarkan pada gagasannya.

1937: J.V. Atanasoff, seorang profesor fisika dan matematika di Iowa State University, mencoba untuk membangun komputer pertama tanpa roda gigi, Cams, ikat pinggang atau poros.

1939: Hewlett-Packard didirikan oleh David Packard dan Bill Hewlett di sebuah garasi di Palo Alto, California, menurut Museum Sejarah Komputer.

1941: Atanasoff dan mahasiswa pascasarjananya, Clifford Berry, merancang sebuah komputer yang bisa menyelesaikan 29 persamaan secara bersamaan. Ini menandai pertama kalinya komputer dapat menyimpan informasi pada memori utamanya.

1943-1944: Dua profesor Universitas Pennsylvania, John Mauchly dan J. Presper Eckert, membangun Electronic Numerical Integrator and Calculator (ENIAC). Dianggap sebagai kakek komputer digital, ia mengisi sebuah kamar setinggi 20 kaki sejauh 40 kaki dan memiliki 18.000 tabung vakum.

1946: Mauchly dan Presper meninggalkan University of Pennsylvania dan menerima dana dari Biro Sensus untuk membangun UNIVAC, komputer komersial pertama untuk aplikasi bisnis dan pemerintah.

1947: William Shockley, John Bardeen dan Walter Brattain dari Bell Laboratories menciptakan transistor. Mereka menemukan cara membuat saklar listrik dengan bahan padat dan tidak perlu vakum.

1953: Grace Hopper mengembangkan bahasa komputer pertama, yang akhirnya dikenal sebagai COBOL. Thomas Johnson Watson Jr., putra CEO IBM Thomas Johnson Watson Sr., memahami IBM 701 EDPM untuk membantu Perserikatan Bangsa-Bangsa tetap mengawasi Korea selama perang.

1954: Bahasa pemrograman FORTRAN, akronim FORMULA TRANslation, dikembangkan oleh tim pemrogram di IBM yang dipimpin oleh John Backus, menurut University of Michigan.

1958: Jack Kilby dan Robert Noyce mengungkap sirkuit terpadu, yang dikenal sebagai chip komputer. Kilby dianugerahi Hadiah Nobel Fisika pada tahun 2000 untuk karyanya.

1964: Douglas Engelbart menunjukkan prototipe komputer modern, dengan mouse dan antarmuka pengguna grafis (GUI). Ini menandai evolusi komputer dari mesin khusus bagi ilmuwan dan matematikawan hingga teknologi yang lebih mudah diakses oleh masyarakat umum.

1969: Sekelompok pengembang di Bell Labs memproduksi UNIX, sebuah sistem operasi yang menangani masalah kompatibilitas. Ditulis dalam bahasa pemrograman C, UNIX portabel di beberapa platform dan menjadi sistem operasi pilihan di antara mainframe di perusahaan besar dan entitas pemerintah. Karena sifat lambat dari sistem, tidak pernah cukup mendapatkan daya tarik antara pengguna PC rumahan.

1970: Intel yang baru terbentuk memperkenalkan Intel 1103, chip Dynamic Access Memory (DRAM) pertama.

1971: Alan Shugart memimpin tim insinyur IBM yang menciptakan “floppy disk”, yang memungkinkan data dibagi di antara komputer.

1973: Robert Metcalfe, anggota staf riset Xerox, mengembangkan Ethernet untuk menghubungkan beberapa komputer dan perangkat keras lainnya.

1974-1977: Sejumlah komputer pribadi masuk pasar, termasuk Scelbi & Mark-8 Altair, IBM 5100, TRS-80 Radio Shack – yang dikenal sebagai “Sampah 80” – dan PET Commodore.

1975: Majalah Popular Electronics edisi Januari menampilkan Altair 8080, yang digambarkan sebagai “perangkat komputer mini pertama di dunia untuk menandingi model komersial.” Dua “ahli komputer,” Paul Allen dan Bill Gates, menawarkan untuk menulis perangkat lunak untuk Altair, menggunakan bahasa BASIC yang baru. Pada tanggal 4 April, setelah kesuksesan usaha pertama ini, kedua teman masa kecil tersebut membentuk perusahaan perangkat lunak mereka sendiri, Microsoft.

Categories: Teknologi