Lakukan 3 Hal Ini Untuk Memulai Bisnis Ikan Hias

Lakukan 3 Hal Ini Untuk Memulai Bisnis Ikan Hias

Berwirausaha sekarang ini menjadi sebuah pilihan yang lebih efektif dilakukan banyak orang ketimbang mengantri untuk menjadi pegawai yang kesempatannya sangat sempit. Di tengah kemajuan zaman seperti sekarang ini, segala hal bisa dilakukan dan mendatangkan uang jika kita mau berusaha dan sedikit lebih kreatif.

Seperti yang dilakukan para pengusaha ikan hias, dimana dalam satu bulannya mereka bisa mengantongi keuntungan sampai puluhan juta rupiah dan angka tersebut tentunya akan berbeda jauh jika dibandingkan dengan gaji pegawai. Namun perjuangan untuk mendapatkan penghasilan seperti itu memang tidak semudah membalikan telapak tangan, dimana ada banyak rintangan dan kesulitan yang harus dihadapi.

Bisnis ikan hias ini memang membutuhkan modal yang lumayan besa, tapi jangan takut karena ada cara lain untuk bisa melakukan usaha tersebut walaupun dengan dana terbatas.

Nah jika anda berencana untuk melakoni bisnis ikan hias dengan dana terbatas, maka ada beberapa hal yang bisa anda lakukan seperti :

Pahami jenis dan perawatan

Ketika anda hendak melakukan usaha ikan hias, maka hal pertama yang harus anda lakukan adalah memahami terlebih dahulu berbagai jenis ikan hiasa beserta perawatannya. Hal ini sangatlah penting, karena ikan hias berbeda dengan ikan biasa sehingga rentan terhadap kondisi air, suhu, serta mudah terserang penyakit. Dengan begitu, anda mesti hati-hati karena ikan bisa saja cepat mati dan akan sangat merugikan. Pahami terlebih dahulu berbagai jenis ikan dan cara perawatannya.

Kumpulkan sumber bahan

Nah ketika anda sudah memahami tentang konsep bisnis anda dan mengenal cara merawat serta membedakan jenis ikan hias, maka langkah selanjutnya adalah mencari sumber penjualan ikan. Carilah yang harganya lebih murah namun kualitasnya terbaik, walaupun jarang tapi anda akan dapat menemukannya.

Lakukan pemasaran

Jika sumber sudah anda temukan, maka anda tinggal mencari pembeli. Gunakan teknik marketing dengan cara memanfaatkan fasilitas internet. Anda bisa menawarkan ikan hias di beberapa media sosial ataupun website milik anda. Dengan begitu, maka penjualan akan lebih lancar.

Itulah tiga hal yang dapat anda lakukan ketika akan memulai usaha ikan hias. Semoga artikel ini bermanfaat.

Categories: Business