Memahami Definisi Konsep Rule Of Third Fotografi

Seperti yang sudah di sampaikan terlebih dulu, tehnik basic fotografi utama untuk dipahami. Kesempatan ini kami coba membahas mengenai pengertian komposisi Rule Of Third dalam Fotografi. Inti dari Rule of Thirds yaitu garis bantu untuk membagai frame photo jadi sembilan sisi yang sama besar, dengan menarik dua garis sejajar pada horizon serta dua garis sejajar pada vertikal.

contoh-rule-of-third-landscapeGaris-garis ini yaitu garis bantu yang bakal memposisikan objek atau garis horizon sampai gambar yang dihasilkan jadi lebih seimbang serta lebih menarik. Lantaran komposisi photo yaitu satu diantara komponen utama terkecuali exposure triangle atau segitiga exposure untuk mengemukakan karya photo. Komposisi juga adalah sisi “Seni” dari fotografi. Semestinya seni yang lain jadi sisi ini memanglah ada pakem/ketentuannya, namun selanjutnya komposisi dinilai dari indah/menarik atau tidaknya satu photo.

Butuh di ingat Rule of Thirds tidaklah ketentuan baku maupun paling utama di dalam dunia fotografi, namun ini hanya sebatas tips untuk memperoleh photo yang ‘lebih pas’ komposisinya di dalam frame photo. Bagaimana kita menempatkan satu object paling utama di dalam frame photo yang kita ambillah.

Memanglah semestinya dalam memphoto kita tak mesti terpaku disuatu teori atau ketentuan. Bahkan juga ada yang katakan, ketentuan kadang-kadang butuh untuk dilanggar. Tetapi bila teori atau ketentuan itu bisa bikin photo jadi lebih menarik, mengapa tak kita aplikasikan.

Baca juga : Ini Cara Menghilangkan Flek Hitam dengan Madu

Rencana Rule of Third telah mulai sejak lama diaplikasikan, bahkan juga melukis yang terlebih dulu ada sebelumnya fotografi juga mengaplikasikan rencana ini. Pada dasarnya maksud Rule of Third yaitu meletakkan point of interest di persinggungan garis vertikal & horizontal itu.

Di kamera digital paling baru sekarang ini telah menanamkan feature grid line untuk mempermudah pemakaian rencana Rule of Third waktu memphoto. Satu diantara contoh dari pemakaian rule of third yaitu menempatkan horizon pada pemotretan landscape. Bila kita meletakkan horizon di dalam photo, photo bakal condong kurang menarik.

Dengan rencana komposisi Rule of third mengajarkan kita untuk menempatkan horizon di garis horisontal (pembagi photo jadi 3 sisi) atas atau bawah. Penentuan garis atas atau bawah biasanya ditetapkan mana yang lebih menarik, langit atau daratannya. Umpamanya ada awan serta reflesi awan yang keduanya sama menarik, waktunya Anda untuk coba menentang ketentuan. Cobalah Anda tepatkan horizon di dalam, jadi hasil photo tak kalah menariknya.

Categories: Fotografi