Mengerti Rencana Exposure

belajar-fotografiKerapkali sesudah beli kamera digital baik slr ataupun point & shoot, kita terpaku pada model auto untuk saat yang cukup lama. Model auto memanglah paling gampang serta cepat, tetapi tak memberi kenikmatan kreativitas.

Untuk yang menginginkan “lulus serta naik kelas” dari model auto dan menginginkan meyalurkan jiwa kreatif dalam bebrapa photo yang dihasilkan, sebaiknya kita mengerti rencana eksposur. Fotografer kenamaan, Bryan Peterson, sudah menulis satu buku berjudul Understanding Exposure yang didalamnya diterangkan rencana eskposur dengan cara gampang.

Peterson anggota ilustrasi mengenai tiga elemen yang perlu di ketahui untuk mengerti eksposur, dia menamai jalinan ketiganya sebagai satu Segitiga Fotografi. Tiap-tiap elemen dalam segitiga fotografi ini terkait dengan sinar, bagaimana sinar masuk serta berhubungan dengan kamera.

Ketiga elemen itu yaitu :

ISO – ukuran seberapa peka sensor kamera pada cahaya
Aperture – seberapa besar lensa terbuka waktu photo diambil
Shutter Speed – rentang saat “jendela’ didepan sensor kamera terbuka
Hubungan ketiga elemen berikut yang dimaksud eksposur. Pergantian dalam satu diantara elemen bakal menyebabkan pergantian dalam elemen yang lain.

Perumpamaan Segitiga Eksposur

Mungkin saja jalan yang paling gampang dalam mengerti eksposur yaitu dengan memberi satu perumpamaan. Dalam soal ini saya suka pada perumpamaan segitiga eksposur seperti satu keran air.

Shutter speed untuk saya yaitu berapakah lama kita buka keran.
Aperture yaitu seberapa lebar kita buka keran.
ISO yaitu kuatnya dorongan air dari PDAM.
Sesaat air yang mengalir lewat keran itu yaitu sinar yang di terima sensor kamera.

Pasti bukanlah perumpamaan yang prima, namun sekurang-kurangnya kita memperoleh inspirasi dasarnya. seperti anda saksikan, bila exposure yaitu jumlah air yang keluar dari keran, bermakna kita dapat merubah nilai exposure dengan merubah satu diantara atau gabungan ketiga elemen penyusunnya. Anda merubah shutter speed, bermakna merubah berapakah lama keran air terbuka. Merubah Aperture bermakna merubah seberapa besar debet airnya, sesaat merubah seberapa kuat dorongan air dari sumbernya. Selamat bereksperimen dan semoga bermanfaat untuk Anda.

Categories: Fotografi