Menguasai Photo Slow Speed untuk yang masih pemula

photo

Ketika awal belajar fotografi (saat ini juga masihlah belajar), saya senantiasa penasaran dengan photo landscape yang menghadirkan air namun dengan bentuk seperti kapas. Atau bila lihat photo perkotaan saat malam hari, ada jejak lampu kendaraan yang menghiasi photo itu.

Berdasar pada pengetahuan fotografi yang bisa di baca di sebagian komunitas serta artikel, untuk bikin photo seperti itu dipakai teknik long eksposure. Sebagian fotografer menyebutkan teknik photo itu dengan nama slow speed. Hal semacam ini karena memanglah waktu pengambilan photo, memakai shutter speed yang begitu lambat. Hal semacam ini mempunyai tujuan untuk merekam gerakan objek photo.

Untuk belajar photo slow speed atau long eksposure, kita bisa memakai semuanya type kamera. Tetapi dianjurkan kamera itu mempunyai feature setting manual, baik untuk aperture, iso maupun shutter speed. Tetapi saat ini kamera yang mempunyai feature manual sangatlah banyak, bahkan juga sebagian smartphone bisa digunakan dengan memakai aplikasi kamera yang bebas didownload.

Bila baru pertama kalinya coba, anda bisa memakai model Av (aperture priority). Lalu setting aperture pada posisi f11 – f16, serta ISO 100 atau 200. Biarlah shutter speed ikuti dengan cara automatis. Sebagai catatan, keadaan untuk slow speed bergantung dengan intensitas sinar. Jadi dianjurkan untuk coba ketika malam hari, atau waktu matahari baru terbit, serta bakal tenggelam. Bila menginginkan coba waktu siang hari, pakai pertolongan filter ND.

Dengan settingan itu, serta keadaan sinar yang cukup minim, jadi bakal didapat shutter speed yang relatif lambat, hingga anda akan merekam gerakan objek yang anda photo.

belajar photo slow speed landscape

Bila anda telah mahir memakai model semi-manual, jadi coba belajar memakai model manual. Hal semacam ini mempunyai tujuan supaya waktu mengambil photo slow speed, anda bisa peroleh hasil yang lebih optimal, serta sesuai sama apa yang diinginkan anda.

Sebagian panduan penambahan yaitu, janganlah lupa selalu untuk membawa tripod saat bakal mengambil gambar lewat cara long eksposure seperti di atas. Shutter speed yang lambat bakal bikin kamera yang dipegang dengan cara handheld lebih susah untuk ‘steady’. Dalam soal ini, tripod bakal begitu menolong kegiatan anda.

Categories: Fotografi