Panduan Singkat : Langkah Aman Menaruh Penutup Lensa serta Body

kamera-canonWaktu keluarkan kamera serta lensa dari tas kamera, apa yang pertama kalinya kita kerjakan? Kita senantiasa buka penutup body (body cap) dari depan kamera dan buka penutup belakang lensa (lens rear cap) dari ujung belakang lensa. Ketika itu tanpa ada kita sadari kita memegang dua hal sebagai sumber paling utama debu yang dapat masuk segera ke sensor kamera. Bagaimana kita menaruh ke-2 cap tadi kerapkali jadi pembeda pada sensor yang senantiasa bersih serta sensor yang kotor.

Pikirkan kalau kita menaruh body cap dikantong celana, tempat di mana sangat banyak debu yang dapat melekat ke cap. Lantas waktu kita bakal menutupkan kembali body cap tadi ke kamera, jadi sangat banyak kotoran bakal rontok ke sensor, ngeri bukan? Begitu halnya lens cap, bila sisi dalamnya terserang banyak kotoran jadi sisi belakang lensa juga bakal turut terkotori yang ujung-ujungnya dapat rontok jatuh ke sensor.

Nah sesungguhnya langkah yang aman untuk menaruh body cap dan lens cap belakang sangat gampang. Cukup kita pasangkan keduanya, putar hingga rapat, jadi sisi dalam ke-2 cap bakal terlindung dari kotoran serta debu. Kemudian barulah dapat kantongi, anda lempar keduanya ke tas kamera lagi atau apa pun, yang utama sisi dalamnya rapat. Janganlah lupa baca juga panduan menaruh kamera serta lensa supaya tak dirusak kelembaban hawa yang dapat mengakibatkan kerusakan kamera serta bikin jamur tumbuh di lensa.

Waktu mengambil body kamera dari tas, umumnya yang pertama kalinya kita kerjakan yaitu melepas tutup depan kamera. Setelah itu melepas tutup belakang lensa supaya dapat menempatkan lensa di ujung depan kamera. Oke, saat ini kita dapat memphoto. Namun lalu bagaimana dengan nasib ke-2 tutup yang kita terlepas tadi : tutup kamera (body cap) serta tutup belakang lensa (rear lens cap). Umumnya sih bila tak kita input kantong agar tak hilang ya kita lempar keduanya kembali pada tas kamera.

Tetapi tahukah anda, waktu kita memperlakukan ke-2 tutup itu seperti ini (dikantungi atau di lempar ke tas kamera), keduanya bakal sedikit untuk sedikit menghimpun debu serta kotoran? Debu serta kotoran ini lalu bakal terbawa masuk kedalam kamera atau lensa waktu kita menempatkan lagi tutup itu. Serta selanjutnya, debu serta kotoran ini bakal mencari jalan menuju sisi rawan dalam system kamera digital : sensor.

Ada langkah yang lebih oke untuk memperlakukan tutup kamera serta tutup belakang lensa : jodohkan mereka. Ke-2 tutup ini yaitu pasangan yang cocok lantaran ulir mereka bakal sama-sama lengkapi dengan prima (seandainya masih tetap dalam satu system mount). Putar keduanya dengan ulir yang sama-sama bertemu, terkecuali bikin mereka berdua lebih terlindung juga tampak lebih ringkas bukan? Setelah itu sih terserah anda…

Categories: Fotografi