Rhein II Masih Menjadi Foto Termahal Di Dunia

rhein-2

Rhein II belum terkalahkan sebagai photo termahal didunia sekarang ini. Pada lelang th. 2011, kreasi seniman Jerman Andreas Gursky itu terjual USD 4, 3 juta atau sekitaran Rp 58, 3 miliar. Apa yang bikin photo yang terlihat simpel ini dihargai demikian tinggi?

Di mata beberapa orang, Rhein II mungkin saja photo umum saja. Namun rupanya, dengan beragam argumen, banyak kritikus seni yang memujinya demikian tinggi. Kata mereka, susah menandingi kreasi Andreas ini. Walau keterangan mereka agak njlimet.

” Dapat perlu saat lama hingga satu photo dapat melebihi karya Andreas ini. Photo yang tampak semangat, cantik serta tidak terlupakan, satu geliat kontemporer dari genre serta topik favorite Jerman yakni landskap romantis serta jalinan manusia dengan alam, ” catat Florence Waters, kolomnis seni di Telegraph.

” Photo ini bernilai lantaran yaitu satu seni, bukanlah sebatas photo. Seniman mungkin saja pilih untuk berkarya di fotografi, namun jadi seniman yaitu yang paling bermakna diatas semuanya, ” catat Ken Rockwell, seseorang fotografer memiliki pengalaman.

Andreas sendiri menyebutkan Rhein II yaitu karya kebanggaannya. ” Photo ini bicara banyak. Untuk saya, ini yaitu photo alegoris mengenai arti kehidupan, ” kata dia yang diambil detikINET dari Guardian.

Andreas pernah memodifikasi Rhein II dengan cara digital, menyingkirkan gambar yang dikira mengganggu di photo itu seperti bangunan pabrik, pejalan kaki serta pesepeda. Sebelumnya lalu dia senang dengan gambar finalnya.

Balai lelang Christie yang sukses menjualnya seharga USD 4, 3 juta pada th. 2011, menyebutkan kalau Rhein II yaitu photo dramatis serta adalah refleksi eksistensi manusia serta hubungan dengan alam. Sedang siapa pembelinya tidak tersingkap hingga saat ini. Tentunya dia orang kaya raya.

Andreas sendiri disadari sebagai seniman papan atas. Karya pria asal Jeman ini dipertunjukkan di museum populer seperti Tate Modern di Inggris serta Museum of Modern Art di New York.

Categories: Fotografi