Selayang Pandang Mengenai Ebola

virus-ebolaTerakhir kita kerap mendengar wabah virus Ebola yang berlangsung di Afrika Barat baik lewat media bikin ataupun elektronik. Penyakit ini menular serta mengakibatkan efek yang fatal untuk penderitanya. Bahkan juga Organisasi Kesehatan Dunia atau WHO menyampaikan kalau virus Ebola yaitu “salah satu penyakit yang paling mematikan didunia. ”

Virus mematikan ini mengakibatkan perdarahan baik didalam maupun diluar badan. Seperti virus yang menebar lewat badan, virus ebola mengakibatkan kerusakan system kekebalan badan serta organ. Selanjutnya, hal itu mengakibatkan tingkat sel pembekuan darah alami penurunan serta mengakibatkan pendarahan yang kronis tidak teratasi.

Penyakit yang dikenal juga dengan Penyakit Virus Ebola atau Demam Hemoragik Ebola di ketahui sudah membunuh sampai 90% dari keseluruhan orang yang terinfeksi.

Bagaimana Ebola menebar?

Ebola tak menular seperti virus-virus biasanya seumpama pilek, influenza, atau campak. Virus ebola menebar ke orang lewat kontak dengan kulit atau cairan badan dari hewan yang terinfeksi seperti monyet, simpanse, atau kelelawar buah. Lalu virus ini menebar dari orang ke orang lewat cara yang sama juga. Beberapa orang yang menjaga pasien penyakit ini atau menguburkan pasien yang wafat akibat penyakit ini biasanya kerap tertular. Jalan lain bagaimana virus ini dapat menular yaitu termasuk juga jarum suntik yang terkontaminasi oleh virus ini. Seorang akan tidak tertular virus ebola dari hawa, air atau makanan. Diluar itu, orang yang terkontaminasi virus ebola tetapi tak tunjukkan gejala-gejalanya di ketahui juga tidak bisa menularkan penyakit itu.

Apa sajakah tanda-tanda dari Ebola?

Di awal-awal, ebola bisa merasa seperti flu atau penyakit lain. Beberapa gejala umumnya nampak mulai 2 sampai 21 hari sesudah terinfeksi serta umumnya mencakup :

Demam tinggi.
Sakit kepala.
Nyeri sendi serta otot.
Sakit tenggorokan.
Lemah.
Nyeri perut.
Kurangnya nafsu makan.
Saat penyakit ebola makin lebih buruk, jadi bakal mengakibatkan perdarahan didalam badan, dan juga dari mata, telinga, serta hidung. Sebagian orang bakal muntah atau batuk darah, diare berdarah, serta memperoleh ruam.

Bagaimana Ebola didiagnosis?

Terkadang susah untuk tahu apakah seorang mempunyai Ebola dari gejalanya saja. Dokter mungkin saja bakal menguji untuk tidak pedulikan penyakit lain seperti kolera atau malaria. Tes darah serta jaringan dapat juga mendiagnosa ebola. Bila anda terjangkit virus ebola, jadi anda bakal diisolasi dari orang-orang selekasnya untuk menghindar penyebaran.

Bagaimana caranya menyembuhkan Ebola?

Meskipun peneliti selalu berusaha keras untuk mengatasinya, Sekarang ini belum ada obat untuk menyembuhkan penyakit ini. Perlakuan cuma terbatas pada serum uji cobatal yang menghancurkan sel yang terinfeksi.

Dokter mengatasi tanda-tanda ebola dengan :

Cairan serta elektrolit.
Oksigen.
Obatan desakan darah.
Transfusi darah.
Penyembuhan untuk infeksi lain.
Bagaimana menghindar ebola?

Sekarang ini belum ada vaksin untuk menghindar Ebola. Langkah paling baik untuk menghindarinya yaitu dengan tak pergi ke daerah dimana virus ini diketemukan. Petugas kesehatan bisa menghindar infeksi dengan menggunakan masker, sarung tangan, serta kacamata setiap saat mereka bakal lakukan kontrol pada pasien yang terserang virus Ebola.

Info lainnya

Ada lima type virus Ebola dimana empat salah satunya mengakibatkan penyakit pada manusia. Virus Ebola pertama kalinya nampak pada th. 1976 dalam 2 wabah simultan di Afrika, tepatnya di Nzara, Sudan, serta di Yambuku, Republik Demokratik Kongo. Ebola memperoleh namanya dari Sungai Ebola yang disebut satu diantara desa di Republik Demokratik Kongo.

Categories: Kesehatan