Tips Belajar Jadi Fotografi

Belajar-Fotografi

Panduan ini begitu bermanfaat untuk memphoto terlebih landscape. Namun photo yang bagus tidak selamanya photo yang benar. Jadi silahkan saja untuk tidak mematuhi beberapa tips ini, namun terlebih dulu kita mesti tahu dahulu. Mari kita simak panduan di bawah ini.

1. Cermati Horizon

Bila kita bertemu dengan satu panorama, nyaris bisa di pastikan kita bakal lihat garis horizontal yang membentang serta membelah gambar jadi dua sisi. Ini dimaksud garis horizon. Dalam Fotografi Landscape, bila satu diantara sisi lebih menarik. Berilah jumlah 2/3 dari frame. Serta yang kurang menarik berikan bekasnya yakni 1/3. Memanglah tak mutlak, namun apabila POI ada di bagian yang 2/3 jadi kesannya semakin lebih kuat.

2. Pikirkan langit
Langit yaitu elemen yang cukup utama dalam landscape. Bila dalam pemotretan langit kurang bagus, usahkan janganlah meletakkan pada 2/3 frame. Ini bakal menyebabkan kesan yang flat serta menjemukan. Namun bila keaadan langit serta awan dalam formasi yang ‘wow’, janganlah sangsi untuk penuhi frame dengan langit. Pakai filter untuk tingkatkan kontras serta saturasi langit seperti Gradual neutral density serta Polarizer.

3. Mencari Focal Point

Focal point yaitu titik di mana mata kita berhenti ketika melihat satu photo. Tanpa ada focal point, mata kita akan tidak konsentrasi dalam lihat photo. Seperti type fotografi yang lain, fotografi landscape juga memerlukan focal point. Focal point bisa berbentuk batu, rumput, ranting, bunga. Apa pun yang kelihatannya menyatu dengan alam bisa jadikan focal point. Janganlah lupakan pengaplikasian rule of third dalam peletakan focal point.

4. Janganlah lupakan foreground.

Foreground dapat jadikan photo kita lebih berdimensi. Ada sense of depth dari photo kita bila kita meletakan foreground dengan benar. Kerapkali foreground jadi POI dari photo landscape kita.

5. Pakai Tripod
Mungkin saja mulai sejak jaman digital orang kerap melupakan tripod. Buat apa tripod, bila ISO tinggi telah bagus akhirnya. Lensa-pun telah ada yang dengan stabilizer. Ups, janganlah salah kira dahulu, tripod hukumnya harus untuk landscaper. Untuk Exposure di atas satu detik (tentu kerap lho), tripod begitu disarankan. Meskipun tripod agak ribet untuk dibawa, namun bakal bikin anda tersenyum nanti.

6. Optimalkan Depth of Field (DoF)

Yang namanya landscape fotografi, pada umumya semuanya elemen dalam kondisi konsentrasi. Meskipun tak mutlak, berikut rencana basic dari fotografi landscape. Karenanya pakai aperture sekecil mungkin saja. Apabila butuh, aplikasikan rencana hyporfocal distance. Apabila kita memperkecil aperture, automatis shutter speed bakal menyusut serta tripod diperlukan.

7. Tangkap gerakan alam

Mungkin saja beberapa orang berpikir photo landscape yaitu photo yang tenang, damai, kalem dan lain-lain. Namun kita dapat memberikan sedikit drama pada photo landscape kita. Bisa berbentuk ombak di laut, pohon yang tertiup angin, awan yang jalan, dll. Dalam menangkap gerakan seperti ini, diperlukan sebagian perlengkapan pendukung seperti filter ND (neutral density) serta tripod. Bila kita sukses menangkapnya, photo landscape kita bakal merasa “otherworld” dengan mood yang begitu kuat.

8. Bekerja bersama dengan cuaca
Cuaca tidak bisa kita perkiraan. Kita hanya dapat menanti saat yang pas untuk memphoto. Umumnya pemula berpikir photo landscape yang bagus yaitu ketika hari yang cerah. Ini tak seutuhnya salah, di sini telah diterangkan type – type fotografi landscape. Photo yang di ambil waktu hari cerah telah umum serta umum jadikan photo kalender. Bila kita menginginkan photo landscape yang sedikit tidak sama, memphotolah ketika cuaca yg tidak umum. Umpamanya waktu berlangsung badai, mendung, setelah hujan, langit gelap dengan sedikit cahaya matahari, serta keadaan “extrem” yang lain. Photo anda semakin lebih berkarakter, lantaran peristiwa yang anda photo baru saja akan tidak terulang lagi.

9. Golden hour

Sinar dari samping bakal memberikan satu dimensi serta struktur yang kuat untuk satu objek. Dalam fotografi landscape, sinar dari samping nampak waktu pagi hari serta sore hari. Pada saat ini, warna – warni tampak begitu bagus serta landscape tampak begitu hidup. Diberi nama golden hour lantaran warna warni pada saat ini yaitu merah-kuning-seperti-emas. So, memphotolah pada saat ini ya.

10. Garis serta bentuk

Bermainlah dengan komposisi. Garis bisa jadi focal point yang begitu kuat lantaran menolong mata kita menelusuri photo landscape kita. Garis bisa memberi kedalaman ruangan yang mengagumkan, perspective yang tidak sama. Dapatkan garis dalam photo anda serta menjadikan itu kemampuan yang hebat!

11. Ubah perspective

Eksplorasi. Janganlah cuma terpaku pada satu titik. Dapatkan view yang tidak sama dengan view sejajar dengan tanah, atau naik ke atas pohon. Biarlah imajinasi anda mengalir serta mencari view yang sesuai sama previsualisasi anda.Belajar-Fotografi

Categories: Fotografi