Tips Menjaga Kehamilan Muda

Cara menjaga kehamilan muda

Bagi para ibu muda, hamil untuk pertama kalinya adalah suatu hal yang sangat menggembirakan. Kabar gembira ini tentu saja dapat dirasakan oleh suami, keluarga dan keponakan di sekitar rumah. Janin yang ada di kandungan adalah anugerah yang telah Tuhan titipkan untuk penerus keluarga. Tentu saja hal ini akan sangat bahagia mendengar ibu yang hamil pertama kalinya. Namun terkadang merasa was-was dan merasa khawatir apabila terjadi sesuatu hal yang tidak diinginkan. Tentu menjadi prioritas utama bagai mana cara menjaga kehamilan muda, agar kehamilan tersebut sehat bagi sang bayi maupun si ibu yang sedang mengandung.

Untuk menghindari rasa khawatir tersebut, maka tips untuk menjaga kehamilan muda ini sangat cocok diterapkan untuk Anda yang sedang hamil muda.

  1. Menghindari Aktivitas-Aktivitas Berat
    Apabila Anda seorang wanita pekerja atau wanita karir, maka kurangilah porsi pekerjaan Anda. Karena di saat Anda hamil muda tubuh Anda akan mengalami perubahan hormon yang signifikan. Hal ini tentu saja akan menyebabkan Anda sering merasa mual, mudah lelah dan lain sebagainya. Pada intinya selalu jaga kegiatan yang Anda lakukan dan tidak memicu kontraksi rahim yang beresiko keguguran.
  2. Mengendalikan Kondisi Emosional
    Banyak sekali kasus gangguan yang menyebabkan emosi berat pada ibu yang sedang hamil mudah hingga yang sudah melahirkan. Memang kehamilan akan meningkatkan rasa perasaan yang berlebih. Jangan sampai perasaan tersebut berimbas pada stres. Apabila hal ini terjadi secara berkala, ada baiknya Anda berkonsultasi kepada dokter ataupun psikolog.
  3. Hindari Minuman Bersoda, Beralkohol, Rokok dan Kafein
    Pastinya Anda sering melihat dalam kemasan rokok ada tulisan “merokok dapat mengakibatkan gangguan kehamilan dan janin”. Memang benar sekali merokok dapat menyebabkan kandungan menjadi gugur. Maka dari itu hindari asap rokok, dan jangan merokok. Dan juga dilarang keras untuk mengkonsumsi alkohol ketika Anda sedang hamil muda.

Cara menjaga kehamilan muda di atas dapat Anda realisasikan sendiri agar kehamilan muda Anda selalu terjaga dan lancar hingga tiba saat nya sang bayi terlahir kedunia.

Categories: Kesehatan