Tips Menjaga Kesehatan Mata

kesehatanMata memainkan peran penting dalam mobilitas, fungsi, dan kenikmatan hidup. Untuk alasan ini, penting untuk menjaga kesehatan mata yang baik. (Istilah “mata” mengacu pada mata dan sistem organ-nya.)

mata melakukan tugas tunggal menangkap cahaya. Semua bagian yang berbeda dari sistem mata kemudian bekerja sama, menghubungkan dengan neuron yang mengirimkan dan menerjemahkan pesan langsung ke otak sebagai gambar visual.

Memiliki kesehatan mata yang baik berarti bahwa visi setidaknya 20/20 atau lebih baik dengan atau tanpa koreksi, dan mata yang bebas penyakit. Ada tindakan korektif dan preventif sederhana untuk menjaga visi yang baik dan menikmati kesehatan mata seumur hidup.

Kunjungi dokter Anda untuk pemeriksaan rutin dan untuk masalah mata Anda mengalami

Dokter mata dilatih secara khusus untuk menentukan dan meningkatkan ketajaman visual dengan resep kacamata, lensa kontak, dan latihan mata. Dokter mata dapat memberikan perawatan mata total, dari pemeriksaan dan koreksi visi untuk diagnosis dan pengobatan penyakit melalui pengobatan dan operasi.

Anda harus mengunjungi dokter mata atau dokter mata untuk pemeriksaan mata setiap tahun sekali. Lihat dokter mata Anda jika Anda mengalami infeksi mata atau gejala penyakit seperti kehilangan atau penglihatan kabur, lampu berkedip, sakit mata, kemerahan, gatal, bengkak, dan iritasi di sekitar mata atau kelopak mata.

pencegahan penyakit praktek

Penyakit mata adalah penyebab nomor satu kebutaan. Sebagian besar penyakit yang menyebabkan kebutaan, seperti glaukoma dan diabetes, dapat diobati atau perkembangan mereka melambat dengan diagnosa yang tepat dan manajemen.

Meskipun tidak ada obat untuk beberapa gangguan mata, telah ada kemajuan medis utama untuk yang berkaitan dengan usia degenerasi makula, glaukoma dan katarak. Dengan mendapatkan ujian reguler dan membahas sejarah keluarga Anda, Anda dan dokter Anda akan dapat mengantisipasi, lebih baik mencegah, dan mengobati penyakit mata.

Memakai lensa resep yang benar, atau mempertimbangkan operasi korektif

Tidak memakai kacamata Anda diresepkan atau kontak tidak akan menyebabkan penyakit mata, tetapi dapat menyebabkan ketidaknyamanan oleh kelelahan mata, sakit kepala, atau mungkin bahkan cedera yang disebabkan oleh kurangnya visi aman. Jika memakai lensa preskriptif tidak nyaman, tanyakan dokter Anda tentang alternatif, seperti beralih dari kacamata ke lensa kontak atau menjelajahi operasi korektif.

Melindungi mata Anda dari sinar matahari yang berbahaya

Ultraviolet (UV) radiasi adalah bentuk cahaya dan merupakan bagian dari bagian yang tak terlihat dari spektrum. Sumber cahaya yang merusak ini termasuk sinar matahari, flash tukang las ini, intensitas tinggi lampu uap merkuri (digunakan untuk olahraga malam dan daerah-kejahatan tinggi), dan lampu xenon arc (digunakan di laboratorium).

paparan konstan sinar ultraviolet dapat menyebabkan kerusakan mata fotokimia. paparan UV ini meningkatkan pigmentasi di mata, menyebabkan perubahan warna yang dikenal sebagai “cokelat” atau “sinar matahari” katarak. penyakit mata seperti degenerasi makula, retinitis surya, dan distrofi kornea semuanya telah dikaitkan dengan UV eksposur.

Mata Anda mungkin lebih peka jika mereka ringan dalam warna, jika Anda mengambil obat tertentu, atau jika Anda menggunakan pemanis buatan. Anda dapat melindungi mata Anda saat keluar di bawah sinar matahari atau di dalam ruangan dengan memakai kacamata atau lensa kontak dirawat karena penyerapan UV dan dengan menggunakan perisai kerja pelindung dan layar penutup yang memiliki ultraviolet menyerap lapisan.

Memakai alat pelindung dan kacamata selama bekerja dan acara olahraga

Memakai kacamata keselamatan dan kacamata pelindung saat bermain olahraga atau bekerja dengan bahan berbahaya dan udara menurunkan risiko Anda untuk cedera mata, kerusakan penglihatan, dan hilangnya lengkap penglihatan.

Menjadi aktif terlibat dalam kesehatan mata Anda dan bekerja dengan dokter mata Anda dan dokter mata meningkatkan peluang Anda untuk menjaga kesehatan mata yang baik dan penglihatan.

Categories: Kesehatan