Trik dan Tips Belajar Fotografi Pemula Yang Harus Di Pahami

Fotografer-Murah-Berkualitas-horz
Setiap momen memang perlu diabadikan. Hal ini bertujuan agar setiap momen tersebut dapat dinikmati keindahannya lewat sebuah foto. Nah, berbicara mengenai sebuah foto tentu tidak sangat berhubungan dengan namanya seni fotografi.

Fotografi sendiri merupakan ilmu yang mempelajari tentang dunia seni pemotretan dengan menggunakan media kamera digital. Sebenarnya fotografi berawal dari hobi, yang jika ditekuni akan membuahkan hasil yang cukup menjanjikan.

Tak hanya dapat mengabadikan momen penting yang perlu diabadikan, namun anda bisa mendapatkan banyak hal positif yang membuat seseorang bisa begitu dekat dengan seni. Selain itu, dalam dunia fotografi juga akan memberikan peluang dalam usaha anda sehingga dapat menambah penghasilan.

Untuk bisa mahir dalam dunia fotografi, diperlukan beberapa hal yang perlu diperhatikan. Terlebih jika anda termasuk dalam orang yang baru ingin memulai dunia fotografi, tentu dibutuhkan banyak pembelajaran yang perlu dikuasai.

Untuk memudahkan anda dalam belajar fotografi berikut, tips belajar fotografi pemula yang bisa anda terapkan dalam proses belajar pemotretan.

1. Mengambil Gambar Dengan Format RAW
Tips belajar fotografi pemula yang pertama yaitu anda bisa menerapkan teknik pengambilan gambar dengan format RAW. Sebagian besar pada kamera digital sudah memiliki kemampuan untuk mengambil gambar berformat JPG. Hal ini bisa anda manfaatkan karena cara ini dinilai praktis terutama bagi orang yang masih awam. format tersebut juga dinilai efektif untuk di transfer ke berbagai perangkat dan memudahkan anda untuk mengunggahnya ke internet.

2. Gunakan Lensa Yang Berbeda
Walaupun lensa kit atau lensa bawaan mempunyai kualitas yang bagus, namun tips belajar fotografi pemula juga perlu mencoba berbagai jenis lensa. Terdapat banyak sekali lensa yang bisa anda dapatkan dan biasanya juga lensa-lensa tersebut dirancang khusus untuk melakukan hal tertentu sesuai dengan fingsinya. Sebagai contoh lensa makro berguna untuk membidik obyek kecil. Ada pula lensa telephoto yang berfungsi untuk membidik obyek pada jarak jauh. Dengan anda mencoba bereksperimen dengan berbagai lensa, maka hal tersebut dapat mempertajam insting fotografi.

3. Jangan Sering Menggunakan Lampu Flash
Pada dunia fotografi, sebisa mungkin ketika anda mengambil gambar jangan menggunakan flash. Sebaiknya anda mencari cahaya alami yang berada di sekitar. Jika masih terlihat gelap, anda bisa mencoba untuk mengatur berbagai menu seperti pengaturan shutter, ISO, dan apperture.

4. Ganti Tali Kamera
Ketika membeli kamera, umumnya anda akan mendapatkan tali kamera dalam pembelian 1 set kamera tersebut. Menurut para fotografer yang sudah mahir dibidangnya, ternyata tali kamera yang berasal dari bawaan kamera tidak nyaman ketika digunakan. Terlebih jika anda menggunakan lensa berat dan besar. Oleh sebab itu, tips belajar fotografi pemula supaya anda merasa nyaman yaitu anda bisa membeli tali kamera khusus.

5. Selalu Bersihkan Lensa dan Sensor
Lensa dan Sensor merupakan salah bagian pada kamera yang paling sensitive. Jika pada bagian tersebut terdapat debu dan jamur, maka hal tersebut akan mempengaruhi hasil jepretan anda. Oleh karenanya, tips belajar fotografi pemula yang harus anda lakukan yaitu anda harus membersihkan secara rutin bagian lensa dan sensor tersebut dengan menggunakan alat pembersih khusus.

6. Mulailah Bereksperimen Dengan Post-Processing
Tahap ini merupakan pengolahan setelah gambar yang telah anda ambil atau lebih tepatnya tips belajar fotografi pemula ini disebut dengan proses mengedit. Terdapat banyak software yang bisa anda gunakan untuk bereskperimen bermain dengan warna mulai dari Adobe Photoshop, Google Nik Collection dan Lightroom. Cara ini akan membantu anda dalam menampilkan foto yang lebih bagus. Selamat mencoba.

Categories: Fotografi